Senin, 09 Desember 2013

Kuliner Khas Bogor Toge Goreng

Ini kuliner yang akan sulit ditemukan di kota lain. Toge Goreng, toge yang "digoreng" pake air, alias direbus, kemudian dicampur dengan mie kuning, potongan tahu dan opsional potongan kupat. Yang memegang peranan penting adalah bumbu olahan tauco dan oncom yang diguyurkan setelahnya. Rasanya asem-asem seger gimana gitu. Banyak penjaja toge goreng yang ada di kota Bogor, Beberapa yang cukup kondang misalnya Toge Goreng Pak Inin (Samping Hotel Royal, Jl. Juanda), Mang Gebro (Jl. Pengadilan), Pak Iwon (Depan Supermarket Ngesti - Baranangsiang, Jl. Pajajaran), Ibu Omah (Samping Toko Bogor Permai, Jl. Sudirman) dan Ma Evon (Gg Besi, Jl. Surya Kencana)


















Toge goreng rupanya adalah makanan khas Bogor berupa taoge, mie kuning, oncom direbus disajikan bersama campuran kuah taoco dan oncom. Rasanya asam, manis, asin dan sedikit pedas. Toge goreng juga dikenal di Jakarta dengan sebutan toge goreng Betawi. Penampilannya sekilas tidak terlalu jauh berbeda dengan toge goreng Bogor, hanya saja memakai campuran lontong dan tahu goreng tetapi oncomnya lebih sedikit. Sedangkan kuah taoconya lebih kental.
Meski namanya toge goreng, proses memasak taoge sebenarnya direbus. Caranya taoge diletakkan dalam penggorengan, dibubuhi sedikit air kemudian diaduk sebentar menggunakan sodet seperti orang menggoreng. Inilah asal muasal sebutan nama toge goreng.
Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai yang direbus, dihaluskan dan dicampur tepung terigu kemudian difermentasikan. Sedangkan oncom adalah makanan fermentasi dari kedelai yang telah diambil proteinnya. :-)
. Melihat tampilannya yang memakai tahu dan lontong sepertinya ini toge goreng Betawi. Rasanya lumayan dengan harganya yang lima ribu rupiah saja. Cukup mengenyangkan juga.
Taoge sudah sejak lama bermanfaat meningkatkan kesuburan dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pasangan yang baru menikah. Selain itu taoge juga mengandung kanavanin yang berkhasiat menurunkan risiko leukimia, gangguan usus besar dan pankreas. Kandungan estrogen dalam taoge meningkatkan kepadatan dan susunan tulang. Rajin makan taoge membantu wanita mencegah kanker payudara, sindrom pramenstruasi dan gangguan menopause.
Ayo, tunggu apa lagi. Daripada makan makanan cepat saji lebih baik makan toge goreng kan. :-D

0 komentar :

Posting Komentar

nama artikel
Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com